Cara Memasang (Mengganti) Kapasitor Mesin Pompa Air

Kapasitor pada mesin pompa air terus menjadi cuilan yg sungguh penting, jika unsur ini hingga rusak maka telah niscaya pompa air tidak akan mampu melaksanakan pekerjaan lagi untuk menghisap air, hal ini mengenang fungsi kapasitor yang memang tidak bisa dipisahkan dengan motor listrik atau dinamo pada mesin pompa air alasannya peranannya sendiri ialah selaku pendukung kinerja motor listrik biar bisa berputar saat sedang start.
Jadi, jangan terkejut apabila anda mengalami duduk perkara pompa air yg datang-tiba tak bisa berputar padahal dengan kondisi motor listrik atau dinamo yang masih anggun. Umumnya kerusakan bagian kapasitor pada mesin pompa air akan sangat gampang diketahui dengan adanya kondisi dimana body fisik kapasitor yang sudah menggembung, bocor, pecah (retak) atau bahkan meleleh.

Kondisi rusak atau tidaknya kapasitor juga bisa dilihat dengan cara mengukurnya memakai alat ukur multitester atau capasitance meter (alat ukur khusus buat mengukur nilai kapasitor). Untuk lebih jelasnya tentang cara menilik kondisi kapasitor anda bisa menyimak postingan aku sebelumnya dibawah ini.

Bаса Jugа : Cаrа Mеngесеk Kоndіѕі Kараѕіtоr Pоmра Aіr Mаѕіh Bаguѕ Atаu Tіdаk

Untuk sederhananya kapasitor yg sudah rusak bisa dilihat dari ciri fisik seperti yg saya sebutkan diatas, serta juga dengan tanda-tanda pada pompa airnya yang tidak inginberputar dan cuma mendengung. Jika memang sudah ditentukan bahwa kapasitor telah betul-betul rusak maka anda harus menggantinya dengan kapasitor yang gres.

Namun bagi memasang atau mengganti kapasitor yang gres ada beberapa hal yg perlu diperhatikan misalnya nilai micro farad-nya mesti sama dengan kapasitor sebelumnya, memerhatikan pula kabel jalur sambungan kapasitor-nya agar tidak terjadi kesalahan pemasangan. Nah berikut ini ialah beberapa ulasan tentang cara memasang atau mengubah kapasitor mesin pompa air yang benar.

Cаrа Mеmаѕаng (Mеnggаntі) Kараѕіtоr Mеѕіn Pоmра Aіr

1. Langkah pertama saat mulai melakukan pemasangan atau penggantian bagian kapasitor pada mesin pompa air yakni mematikan apalagi dulu sumber listrik yg ada pada jalur kelistrikan pompa air. Tentu saja hal ini wajib alasannya adalah mengingat perbaikannya nanti mulai berkontak langsung dengan kabel listrik, untuk itu pastikan tidak ada aliran listrik yang masih mengalir pada kabel, kalau anda memakai saklar pada instalasi mesin pompa air maka seharusnya matikan listriknya pribadi lewat sumber khususnya saja alasannya tindakan ini mulai lebih aman.

2. Setelah sumber listrik pada jalur mesin pompa air dipastikan mati maka selanjutnya mulai saja dengan membuka penutup luar kapasitor-nya yg biasa memakai baut. Nah sesudah penutup tersebut terlepas maka anda mulai menyaksikan jalur-jalur pengkabelan yang mana mungkin mulai cukup rumit untuk anda yang masih awam tetapi anda tidak butuhkawatir alasannya adalah bahwasanya mudah sekali untuk dihafal-kan. Namun buat berjaga-jaga apabila kelupaan anda bisa menggambil gambar atau foto apalagi dulu sebelum melaksanakan pembongkaran kabelnya.

3. Langkah selanjutnya kerjakan pembongkaran kabel sambungan yang jalur kapasitor-nya, setelah kapasitor terlepas dari sambungan kabel maka selanjutnya lihat berapakah nilai micro farad-nya lazimnya sih tertulis dengan angka semisal 8uf, 10uf, 12uf, 16uf atau bahkan bisa lebih besar lagi seluruh itu tergantung unit mesin pompa air yang digunakan. Jika anda telah tahu nilainya maka secepatnya cari kapasitor dengan nilai yang serupa di toko-toko elektronik terdekat, mampu juga di toko bangunan yang seringkali juga menawarkan spare part ini.

Usahakan nilainya sama jangan sampai kekecilan atau jikalau terpaksa kebesaran sedikit tidak persoalan asalkan masuk akal misal nilai semula ialah 8uf diganti 10uf maka tidak begitu mempunyai dilema, namun kalau terlalu besar contohnya diganti 12uf maka mesin pompa air anda mulai menjadi cepat panas dan mesin pompa air pun menjadi kurang awet atau mudah rusak alasannya adalah overheating (panas lebih).

Untuk brand kapasitor-nya usahakan juga menentukan yg berkualitas seperti merk JP atau ICAR Ecofill.

4. Apabila kapasitor gres telah didapat maka eksklusif saja pasang pada rangkaian kabel seperti semula, jika anda kelupaan maka lihatlah gambar jebretan hasil foto tadi. Jangan lupa pengisolasi kabel dengan lakban atau selotip yang manis supaya anutan listrik tidak bocor sehingga kondusif.

Untuk penyambungan kedua titik kabel kapasitor-nya mampu dilaksanakan secara acak atau bolak-balik tidak dilema sebab macam ini tidak memiliki polaritas.

5. Sеtеlаh ѕudаh mаkа tіnggаl mеnсоbаnуа mеmbаngkіtkаn mеѕіn роmра аіr.

Sеlеѕаі.....

Pеrlu dііngаt bаhwа ѕеtіар mеrk аtаu рrоduk mеѕіn роmра аіr mеmрunуаі wаrnа kаbеl ѕеrtа jаlur уаng bеrlаwаnаn-bеdа, оlеh ѕеbаb іtu jаngаn jаdіkаn ѕuаtu ѕtаndаr untuk ѕеtіар brаnd аtаu рrоduk mеѕіn роmра аіr tеrѕеbut kеtіkа mеlаkukаn реnуаmbungаn kаbеl. Mіѕаlnуа раdа роmра аіr mеrk ѕhіmіzu уаng mеmаkаі kаbеl mеrаh dаn dеbu-аbu bаgі jаlur kе kараѕіtоr, ѕеdаngkаn brаnd раnаѕоnіс umumnуа mеnggunаkаn kаbеl wаrnа рutіh dаn mеrаh.

Bаіklаh mungkіn сukuр ѕеkіаn dulu bаgі аrtіkеl ѕауа kаlі іnі, ѕеmоgа ѕеmuа ulаѕаn dіаtаѕ bіѕа bеrmаnfааt dаn dараt mеmbаntu mаѕаlаh аndа. Sіlаhkаn gunаkаn kоtаk kоmеntаr dіbаwаh араbіlа аdа ѕеѕuаtu уаng іngіn dіѕаmраіkаn. Tеrіmаkаѕіh.....
Creative Mind
Creative Mind Creative thing starts from crative mind

Post a Comment for "Cara Memasang (Mengganti) Kapasitor Mesin Pompa Air"