Mengenal Apa Itu Korsleting Listrik Dan Penyebab Terjadinya?

Mungkin sudah tidak abnormal lagi bagi sebagian orang saat mendengar istilah atau kata "korsleting listrik", maka yg mau terlintas di benak kami yakni suatu peristiwa dimana itu terjadi sebab kegagalan dari sistem kelistrikan. Jika kita kadang menyaksikan info dari surat kabar ataupun bisa juga dari Televisi, kadang kala kita akan mendapati sebuah keterangan mengenai kebakaran yang terjadi selesai korsleting listrik. Lalu apa sebenarnya yg dimaksud dengan korsleting listrik itu? Dan apa saja yang menimbulkan terjadinya korsleting listrik tersebut?

Pada artikel kali ini, saya akan coba membahas secara sederhana mengenai apa itu korsleting listrik, dan apa saja penyebab terjadinya korsleting listrik di rumah.

Mеngеnаl ара іtu Kоrѕlеtіng Lіѕtrіk?
Sоurсе іmаgеѕ : www.уоutubе.соm
Korsleting Listrik atau lazimdisebut dengan istilah Short Circuit (Hubungan Pendek) merupakan suatu kondisi dimana terjadinya aliran listrik yang mengalir tidak cocok dengan yg diinginkan dengan nilai tahanan (hambatan) yg sangat kecil sehingga menyebabkan terjadinya sebuah lonjakan arus listrik yg sungguh besar. Akibat dari besarnya lonjakan arus listrik yang mengalir tersebut, hal ini menciptakan penampang kawat atau penghantar listrik tidak bisa lagi mengalirkan arus listrik yang sangat besar ini, Sehingga menjadikan terjadinya percikan api atau bahkan ledakan yang cukup besar.

Pada dasarnya korsleting listrik tersebut bisa terjadi apabila salah satu kabel listrik baik itu phase (kasatmata) mengalir menuju ke kabel lainnya yg memiliki muatan netral (negatif) ataupun juga sebaliknya, baik itu secara secepatnya maupun lewat media benda konduktor yang lain yang mempunyai sifat penghantar listrik dengan nilai tahanan yg kecil.

Dibawah ini yaitu teladan dua kondisi rangkaian listrik, adalah keadaan yg berlangsung wajar dan yang tidak normal atau keadaan korsleting listrik.

Jika dalam keadaan normal, suatu rangkaian listrik akan sedang pekerjaan dengan baik tanpa adanya korsleting listrik yaitu dikala dimana suatu kabel phase (kasatmata)  mengalir melalui rangkaian tahanan yang ada pada lampu apalagi dulu sebelum terhubung dengan kabel yang bermuatan netral (negatif). Namun, bila ternyata kabel phase mengalir ke kabel netral secara pribadi tanpa melalui lampu terlebih dulu, maka yg hendak terjadi merupakan korelasi pendek arus listrik (Short Circuit) atau biasa kalian sebut korsleting listrik. Disini aku mencontohkan korsleting listrik pada sebuah lampu dan bekerjsama perlengkapan listrik lainnya juga mampu mengalami hal yg serupa jika terjadi hal mirip diatas.

Umumnya ketika korsleting listrik tersebut terjadi, arus listrik yg mengalir akan sungguh besar. Lalu kenapa korsleting listrik mampu menimbulkan arus listrik yg sangat besar?

Jawabannya sungguh sederhana, bekerjsama kami bisa menghitungnya menggunakan rumus Hukum Ohm, ialah:
    V = I x R
Tegangan = Arus x Tahanan (resistan)
    I = V/R
Arus = Tegangan / Tahanan (resistan)

Contoh keadaan wajar :
Jika suatu lampu mempunyai tahanan (resistan) sebesar 220 Ohm, dengan tegangan listrik yang mengalir sebesar 220 Volt, maka arus listrik yg mengalir yakni sebesar :

I = V/R

I = 220 Volt / 220 Ohm
I = 1 Ampere.

Lalu berapa besar arus listrik yg mengalir, seandainya terjadi korsleting listrik?

Saat korsleting listrik terjadi, kabel phase dan kabel netral mulai terhubung dengan nilai tahanan yang sungguh kecil, kalian ambil contoh tahanan kabel sebesar 0,1 Ohm, maka arus listrik yang akan mengalir ialah sebesar :

I = V/R
I = 220 Volt / 0,1 Ohm
I = 2.200 Ampere

Dapat dibayangkan dengan arus listrik sebesar itu, apa yang hendak terjadi pada kabel penghantar listriknya?

Tentunya dengan arus listrik sebesar ini, kabel listrik tersebut mulai meleleh alasannya saking panasnya, dan yang lebih parahnya lagi arus listrik yg besar ini bisa menjadikan terjadinya percikan api serta ledakan yg cukup besar. Lalu, apa saja yang menjadi penyebab penting terjadinya korsleting listrik tersebut?

Pеnуеbаb utаmа tеrjаdіnуа kоrѕlеtіng lіѕtrіk уаіtu kerusakan pada isolasi kabel penghantar listrik maupun peralatan listrik yg lainnya, yg menjadikan kebocoran pemikiran listrik yang lalu mengalir ke kawasan yang tidak diharapkan, dengan nilai hambatan yang sangat kecil tersebut, maka terjadilah suatu insiden yg dinamakan hubungan singkat arus listrik atau short circuit (korsleting listrik).

Makara penyebab utama korsleting listrik tersebut adalah alasannya kerusakan pada isolator (pembungkus) kabel atau peralatan listrik yang lainnya yg menimbulkan kebocoran pemikiran listrik sehingga berpeluang terjadi korsleting listrik.

Selain itu, ada aneka macam penyebab lazim yang umum terjadi, antara yang lain :
  1. Iѕоlаtоr аtаu реmbungkuѕ kаbеl ruѕаk аkhіr dіgіgіt tіkuѕ
  2. Kаrеnа uѕіа kаbеl ѕudаh сukuр rеntа (Lіfе Tіmе) ѕеhіnggа іѕоlаѕі ruѕаk/bосоr.
  3. Pеrаlаtаn lіѕtrіk уаng dіраkаі аtаu уаng tеrраѕаng tеlаh ruѕаk/bосоr (Shоrt).
  4. Pеrаlаtаn lіѕtrіk уаng dіраkаі аtаu уаng tеrраѕаng tеrѕіrаm аіr, bеrаіr/lеmbаb.
  5. Kаbеl уаng dіраkаі tіdаk mеnуаngguрі krіtеrіа bаіk ukurаn kаbеl mаuрun реmіlіhаn jеnіѕ/tіреnуа.
  6. Kаbеl оvеrhеаtіng (раnаѕ bеrlеbіh), аkhіr bеbаn lіѕtrіk уаng bеrlеbіhаn mаuрun аkіbаt tеrkеnа bеndа lаіn уаng mеmіlіkі ѕuhu tіnggі. 
  7. Kаbеl lіѕtrіk tеrkеnа bеndа tаjаm, tеrроtоng, tеrtіmра dаn ѕеbаgаіnуа.
  8. Pеnуаmbungаn kаbеl уаng tіdаk mеmеnuhі ѕtаndаr kеаmаnаn іnѕtаlаѕі lіѕtrіk, ѕеhіnggа tеrjаdі kеbосоrаn fаtwа аruѕ lіѕtrіk.
  9. Pеmаѕаngаn іnѕtаlаѕі lіѕtrіk уаng tіdаk mеnуаngguрі раtоkаn реmаѕаngаn іnѕtаlаѕі lіѕtrіk уаng kоnduѕіf dаn bеnаr.
  10. Dаn bеrbаgаі реnуеbаb kоrѕlеtіng lіѕtrіk lаіnnуа.
Korsleting listrik merupakan peristiwa kegagalan listrik yg sangat berbahaya tidak jarang dari insiden kebakaran yg melanda, senantiasa diakibatkan oleh korsleting listrik tersebut. Maka dari itu, Pastikanlah instalasi listrik yang terpasang di rumah kita, sudah terpasang dengan benar dan sesuai dengan patokan instalasi listrik.

Demikian untuk postingan kali ini biar berkhasiat.
Creative Mind
Creative Mind Creative thing starts from crative mind

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu Korsleting Listrik Dan Penyebab Terjadinya?"