Mengenal Jenis-jenis Kipas Angin Beserta Penggunaannya Masing-masing

Penggunaan kipas angin bagi sebagian orang merupakan sebuah keperluan yang amat diperlukan, utamanya ketika menjelang demam isu kemarau maka kipas angin mulai menjadi alternatif penyejuk udara baik di rumah maupun di kawasan biasa yang lain.

Kipas angin tidak bisa menurunkan suhu ruangan layaknya pada AC (air conditioner), melainkan hanya menggerakkan udara di sekeliling ruangan sehingga ruangan terasa sejuk disaat suhu ruangan sedang panas.

Kipas angin mampu menghembuskan angin lantaran adanya perputaran baling-baling yg digerakkan oleh suatu motor penggagas (dinamo listrik).

Terdapat banyak sekali macam kipas angin yang bisa kami temui di pasaran, jenis kipas angin tersebut dibedakan dari sisi bentuk, fungsi, ukuran dan daerah pemasangannya.

Jenis-jenis kipas angin tersebut antara lainnya selaku berikut :

1. Kіраѕ Angіn Mеjа (Dеѕk Fаn / Tаblе Fаn)
Sоurсе іmаgеѕ : bhіnnеkа.соm
Kipas angin meja (Desk Fan / Table Fan) merupakan kipas angin yang berskala kecil, ukuran kebanyakan sekitar 14 inch, sehingga dapat ditaruh diatas meja serta mampu dipindah-pindahkan (portable) sesuai dengan keperluan kita.

Karena bentuknya yg minimalis, maka daya jangkau hembusan anginnya tidak cukup lebar, Oleh karena itu kipas ini sangat cocok jikalau digunakan diatas meja atau pada kawasan yg sempit.

2. Kіраѕ Angіn Duduk (Flооr Fаn)
Sоurсе іmаgеѕ : tоkореdіа.соm
Kipas angin duduk (Floor Fan) ialah kipas angin yg mempunyai ukuran lebih besar dibanding kipas angin meja (Desk Fan / Table Fan), dan buat penggunaannya umumnya ditaruh diatas lantai sesuai dengan sebutannya yaitu floor fan.

Di pasaran kipas macam ini terdapat dua macam jenis berdasarkan materi pembuatannya, yakni berbahan plastik padat dan materi logam besi.
Pada beberapa versi bagi kipas angin jenis ini, terdapat fitur mampu memutar 360 derajat serta pada belahan depan kipas mampu berpaling ke arah kanan dan kiri.

Ukuran diameter baling-balingnya berkisar antara 14-20 inch. Kipas angin duduk memiliki bentuk yang tidak terlampau tinggi dan mampu dipindah-pindah (portabel) sesuai dengan keperluan kami.

3. Kіраѕ Angіn Bеrdіrі (Stаndіng Fаn)
Sоurсе іmаgеѕ : blіblі.соm
Kipas angin bangun (Standing Fan) merupakan macam kipas angin yg dirancang untuk meraih kawasan tinggi yg tidak mampu dijangkau oleh kipas duduk, kipas ini dilengkapi dengan tiang penyangga untuk menopang belahan atas kipas angin tersebut. Tiang penyangga tersebut juga mampu diatur ketinggiannya sesuai dengan kebutuhan kami.

Seperti namanya, kipas angin ini penggunaannya dipasang bangun di atas lantai, kipas angin ini mampu dipindah-pindah (portabel) sesuai dengan keperluan kita.

4. Kіраѕ Angіn Dіndіng (Wаll Fаn)
Sоurсе іmаgеѕ : аlіеxрrеѕѕ.соm
Kipas angin dinding (Wall Fan) ialah macam kipas angin yang dirancang khusus bagi bisa ditempelkan di dinding, keunggulan dari kipas angin dinding merupakan bisa dipasang dengan ditempel atau digantung di dinding, sehingga tidak membuat ruangan menjadi sempit (tidak memakan banyak daerah).

Karena tidak memakan banyak kawasan, sehingga menciptakan kipas versi dinding lebih tidak jarang dipilih untuk dipasang pada daerah lazim, seperti pada masjid, rumah makan, pertokoan dan masih banyak lagi tempat yang lainnya. Meski pemasangannya mesti tetap terpasang pada dinding, kipas jenis ini masih termasuk kipas portabel (dapat dipindah-pindah).

5. Kіраѕ Angіn Lаngіt-lаngіt (Cеіlіng Fаn)
Sоurсе іmаgеѕ : blіblі.соm
Kipas angin langit-langit (Ceiling Fan) merupakan jenis kipas angin dengan ukuran baling-baling yg besar, tetapi tidak mempunyai pelindung atau tutup baling-baling, jadi daun kipasnya berputar tanpa ada pelindung apa pun.

Karena ukuran baling-baling yg besar, sehingga angin yg dihasilkan lebih kuat serta jangkauan hembusan angin yang diciptakannya juga sungguh luas seandainya daripada macam kipas angin yang lain.

Karena pemasangannya terletak di atas atau di langit-langit (plafon), maka hembusan anginnya mengarah pribadi dari atas ke bawah. Kipas macam ini sangat cocok buat dipasang di cuilan tengah pada suatu ruangan yg cukup luas.

6. Kіраѕ Angіn Multі-fungѕі
Sоurсе іmаgеѕ : tоkореdіа.соm
Kipas angin multifungsi adalah macam kipas angin yg mampu digunakan baik di dinding maupun lantai dengan penyangga (berdiri) atau tanpa penyangga (duduk), karena jenis kipas ini memang dirancang bagi mampu menjadi kipas angin duduk (Floor Fan), kipas angin bangkit (Standing Fan) dan kipas angin dinding (Wall Fan).

Contoh kipas angin yang sesuatu ini sangat praktis digunakan buat anda yg ingin memakai kipas bagi banyak sekali fungsi penempatan atau kebutuhan yang lain.

7. Kіраѕ Angіn Mіnі Pоrtаblе
Sоurсе іmаgеѕ : tоkореdіа.соm
Jenis kipas angin ini banyak ditemui dipasaran, ukurannya terbilang kecil (mini), dan pada umumnya memakai energi listrik dari baterai selaku penggeraknya.

Selain memakai baterai yg mampu dicas ulang, ada beberapa dari produk kipas ini yang bisa bergerak dengan dicolokkan pada lubang USB. Namun macam kipas ini hanya mampu digunakan individual, hal ini lantaran hembusan anginnya yg tidak cukup besar.

Karena ukurannya yg terbilang kecil (mini), serta mampu berjalan dengan baterai atau menggunakan USB, maka kipas ini sangat cocok digunakan saat sedang bepergian, karena dengan ukurannya yg mini sehingga bisa dibawa kemana-mana.

8. Kіраѕ Angіn Vеntіlаѕі (Exhаuѕt Fаn)
Sоurсе іmаgеѕ : bukаlараk.соm
Exhaust Fan adalah jenis kipas angin yg umumterpasang di dalam tembok atau dinding mirip layaknya jendela, walaupun ada juga yang cuma ditempatkan di samping jendela. Kipas jenis ini berfungsi selaku ventilasi udara pada sebuah ruangan.

Kipas angin ini lazimnya dilengkapi dengan dua arah putaran pada baling-balingnya sehingga terdapat beberapa fungsi ialah, untuk menghembuskan udara dari dalam ke luar ruangan, atau sebaliknya untuk menghembuskan udara luar ke dalam ruangan.

Dalam penggunaannya, kipas ini kadang dipasang pada tempat yang memerlukan ventilasi udara yang manis, misalnya pada kamar WC atau toilet. Atau bahkan sangat sesuai jika dipakai bareng AC, bagi membagi udara sejuk dari ruangan ber-AC ke ruangan yang lain yg tak ber-AC.

9. Kіраѕ Angіn Mоdеl AC (Aіr Cооlеr)
Sоurсе іmаgеѕ : blіblі.соm
Air Cooler merupakan macam kipas angin yang hembusan anginnya cukup acuh taacuh hampir mirip AC. Oleh sebab itu, kipas angin versi ini tidak jarang disebut AC portabel, ialah AC yang dapat dipindah-pindah.

Karena air cooler ini telah dilengkapi dengan tabung yg mampu diisi dengan air cuek, sehingga ketika dinyalakan mulai menghembuskan angin bercampur dengan semburan air hambar yg berasal dari tabung tersebut, hembusan angin yg dihasilkan air cooler ini lebih sejuk bila dibandingkan dengan kipas angin macam yg lainnya.

Mungkin air cooler ini yakni solusi untuk anda yang ingin merasakan hembusan angin acuh taacuh layaknya seperti AC, tetapi tak ingin berbelanja AC karena harganya atau karena yg lainnya. Jika dibandingkan dengan AC, memang energi listrik yg dikonsumsi oleh air cooler ini terbilang lebih ekonomis dibandingkan dengan AC.

10. Kіраѕ Angіn Tаnра Bаlіng-bаlіng (Blаdеlеѕѕ Fаn)

Sоurсе іmаgеѕ : tоkореdіа.соm
Kipas angin tanpa baling-baling (Bladeless Fan) ialah macam kipas angin penemuan baru yang mampu menghembuskan angin tanpa baling-baling, sehingga sungguh aman dalam penggunaannya.

Meskipun tanpa baling-baling tetapi kipas ini tetap menghembuskan angin, rahasianya yakni pada bagian dalamnya yang telah dilengkapi motor listrik buat menguras udara dari luar yg lalu di hembusan lewat lubang berupa bulat yg terdapat pada kepingan atas kipas.

Dalam penggunaannya, mungkin tidak jauh berlawanan dari kipas angin meja atau kipas angin duduk, yg tepat dipakai buat ditempatkan di atas meja atau lantai.

Demikian untuk postingan kali ini wacana, Mengenal Jenis-jenis Kipas Angin Beserta Penggunaannya Masing-masing, semoga berguna.
Creative Mind
Creative Mind Creative thing starts from crative mind

Post a Comment for "Mengenal Jenis-jenis Kipas Angin Beserta Penggunaannya Masing-masing"