Cara Mengganti Bearing Roda Depan Avanza

Keluhan pelanggan adalah bunyi mendengung ketika kecepatan tinggi. Bunyi mendengung ini bersumber dari bagian depan yaitu roda.

Setelah dilakukan pengecekan roda, yakni dengan cara menggoyangkan roda dari atas ke bawah, dari depan ke belakang.
Dan pengecekan terakhir yang dilakukan adalah dengan memutar roda menggunakan tangan, lalu memegang spring coil shockbreaker.

Berdasarkan pengecekan ini dirasakan sangat kasar getaran pada spring coil shockbreaker depan.

Karena itu kita pastikan bahwa bearing telah rusak, bukan tirot atau ball joint.

Pertama kita lepas banyak ya, gunakan kunci roda ukuran 21.

Kita amankan terlebih dahulu, speed sensornya.

Ini dia speed sensornya kita amankan kita taruh atau kita ikat pada spring coil shockbreaker saja.

Tahap selanjutnya adalah melepas kaliper rem cakram depan terdapat dua baut 17 kita lepas kedua baut tersebut.

Kita tempatkan kaliper dengan posisi aman terlebih pada karet atau selang jangan sampai ketarik.

Selanjutnya kita lepas baut long tired yang berukuran 17, ini dia tirutnya sudah terlepas dari kenakel arm.

Selanjutnya kita lepas baut shockbreaker ada dua buah atas dan bawah berukuran 19. Di sini kita membutuhkan dua buah kunci ring untuk menahan dan untuk memutar baut. Perlu diperhatikan bahwa buat shockbreaker ini tidak perlu dilepaskan dulu kedua-duanya meski umurnya telah dilonggarkan.

Cabut salah satu baut shockbreaker sisakan baut yang satu lagi sebagai penahan kenakel arm poros penggerak roda depan Avanza.

Selanjutnya kita akan melepas baut lower arm terlebih dahulu kita lepas dulu klip penahan mur ukuran baut ini adalah 19.

Setelah baut dilepas saatnya akan memisahkan ball joint dari kenakel arm menggunakan sst setelah terpasang dengan baik SSt nya silakan diketok.

Oke sekarang kena kran sudah terlepas agar bisa dibawa ke ruang mesin lepaskan baut shockbreaker yang menahan tadi.

Sekarang kita akan lakukan pembongkaran bearing pada kenakel arm terlebih dahulu melepas tutup penahan debu baut dan bearing kenakel arm. Cukup menggunakan obeng saja dan mencongkel penutup ini berbentuk mangkok.

Sekarang kita luruskan penahan baut agar baut berukuran 36 ini bisa kita putar, gunakan obeng untuk meluruskan penahan mur tersebut.

Selanjutnya kita akan melepas baut penahan piringan disc brake rem cakram ukuran baut ini adalah 14 dan jumlahnya ada sebanyak 4 buah lepaskan keempat 4 baut tersebut.

Sekarang kita menuju ruang mesin ruang pengepresan di sana ada ragum sebagai pemegang ketika membuka baut bearing.

Kita jepitkan kenakalan pada ragum dengan Koko kemudian kita gunakan kunci 36 untuk melepas bearing.

Mur ini biasanya sangat keras sehingga kita membutuhkan aspak atau pipa yang panjang untuk menambah kekuatan atau momen pembukaan baut.

Sudah terlepas umurnya sekarang tinggal kita melakukan pengepresan yaitu untuk memisahkan kenakalan dan poros roda.

Setelah terpisah silahkan lepaskan snap ring atau pengunci bearing menggunakan tang cucut.

Selanjutnya kita melakukan pengepresan bearing yang masih menempel di poros roda dengan menggunakan mesin press dan alat pemisah bearing bearing separator.

Setelah itu kita juga melepaskan bearing yang masih menempel di kenakel am dengan mesin press hati-hati dalam menekan pastikan seimbang dan rata penekanan mesin press agar tidak merusak knucle arm.

Setelah bearing bagian bearing di kenakel am lepas dan bagian bearing yang di poros roda lepas saatnya kita memasang bearing yang baru kita cukup memasang bearing pada bagian knucle arm.

Silakan tempatkan kenakalan pada mesin press sebaik mungkin lalu susun bearing pada tempatnya kemudian susun alat bantu penekan dan mulailah menekan bearing masuk ke dalam.

Setelah bearing masuk dengan rata silakan kunci menggunakan snap ring.

Sekarang letakkan poros roda pada mesin press lalu susun kembali piringan cakram lalu timpa kembali dengan kenakalan yang sudah ada bearing baru.

Silakan gunakan alat bantu yang bisa membantu menekan bearing atau kenakalan yang sudah ada bearing untuk bersatu dengan poros roda.

Jika sudah dirasa tepat dan lurus silakan press kenakalan tadi menuju poros roda hingga sampai pada tempatnya dan pastikan bisa berputar antara kenakalan dan poros roda.

Oke setelah terpasang bearing baru sekarang kita akan memasang kembali mur 36 tadi dan pastikan coakan pada mur dengan coakan pada baut lurus dan bengkokkan penahan baut.

Apabila terjadi kerusakan mur atau baut ketika pengepresan silakan di tap ulang atau Disney ulang baut 36 tadi.

Oke sekarang kita saatnya memasang kena kran yang sudah ada bearing baru kembali ke unit mobil.

Post a Comment for "Cara Mengganti Bearing Roda Depan Avanza"