Cara merawat rem mobil kesayangan anda Pengalaman di Indomobil Batam

Pengalaman ini saya dapat di Indomobil Batam (ATPM Suzuki) dengan status guru magang selama 1 bulan. Kami melakukan magang disini sebanyak, 4 orang, dari SMKN3 Batam, SMK Kartini Batam, SMKN3 Tanjungpinang dan saya dari SMK Teladan Batam.

Rem adalah alat yang berfungsi menghentikan laju kendaraan anda. Jika anda melaju dengan kecepatan tinggi, kemudian anda berhenti mendadak karena rintangan didepan. Selalu siapkan rem anda untuk menghadapi saat-saat mendadak maupun untuk berhenti dan parkir.

Dapat anda bayangkan, mobil mewah anda tidak memiliki rem? Kemungkinan itu bukan mobil mewah, jika mau saya istilahkan, itu adalah mobil "kombet". Istilah ini adalah dulunya digunakan untuk menyebut mobil perang, yang digunakan untuk melewati medan yang mulus. Silahkan anda bayangkan sendiri, betapa baiknya mobil "kombet" itu!

Kali ini saya mau menunjukan langkah-langkah kerja dalam merawat rem kenderaan anda. Langkah ini juga dapat anda gunakan untuk mengganti sendiri sepatu rem mobil kesayangan anda. Cek it do!!

Alat yang kita butuhkan:
  1. Kunci roda
  2. Dongkrak
  3. Amplas
  4. Angin bertekanan (kompressor)
  5. Obeng
Langkah kerjanya adalah:
  1. Siapkan peralatan yang diperlukan seperti yang disebutkan diatas.
  2. Kendorkan terlebih dahulu baut roda yang akan anda bersihkan, longgarkan baut keempat roda.
  3. Posisikan kenderaan pada lift (dongkrak lantai) kenderaan. Pastikan mengikuti metode titik pengangkatan kenderaan. Cara mengetahuinya periksa kolong kenderaan anda pastikan anda menemukan titik seperti gambar.
  4. Setelah kenderaan sudah diposisi titik angkat, angkat kenderaan dengan menekan tombol naik pada lift.
  5. Lepaskan semua baut roda, kemudian lepaskan roda. Setelah roda dilepas dari dudukannya, kita akan melihat kanvas/sepatu rem.
  6. Lepaskan sepatu rem menggunakan obeng. Dalam melepas kanvas rem, harap berhati-hati, kerena kekuatan pegas dapat mengakibatkan kanvas terlepas diluar kendali kita.
  7. Bersihkan tromol roda dan kanvas rem dengan menggunakan kertas amplas.
  8. Lalu semprot semua komponen roda tadi, tromol roda, kanvas rem, piringan rem, menggunakan udara tekan.
  9. Rem satu roda belakang selesai dibersihkan.
  10. Rakit kembali kanvas rem pada dudukannya, roda pada dudukannya, kemudian kunci dengan baut roda tadi.
  11. Turunkan kenderaan dengan menekan tombol DOWN pada lift.
  12. Sekarang saatnya mengencangkan roda dengan momen yang tepat, gunakan kunci momen. Atur momen penguncian sesuai kekuatan baut.
  13. Mobil siap ditunggangi.
Itulah langkah-langkah memelihara sistem rem mobil kesayangan anda. Semoga bermanfaat! Seumur-umur saya menjadi siswa otomotif di SMKN2 Pematangsiantar, saya tidak tahu persis cara service rem mobil.

Saya tidak tahu persis apakah saya yang salah selama ini, tidak menyimak guru saya menjelaskan cara service rem atau mungkin kurang praktik saja selama sekolah.

Kata ahli, learning by doing itu lebih meresap dan ingat dalam waktu yang lebih lama dibanding teori.

Post a Comment for "Cara merawat rem mobil kesayangan anda Pengalaman di Indomobil Batam"