Pengenalan Lingkungan Sekolah MPLS SMKN 1 Seri Kuala Lobam

Selamat pagi, siang, malam pembaca sekalian.

Disini saya menuliskan kegiatan saya pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 15 - 19 Juli 2024 di SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM.

Persisnya kegiatan ini saya lakukan pada jadwal pemateri dari setiap Ketua Kompetensi Keahlian (K3). Masing masing siswa konsentrasi keahlian menuju ruangan (RPS) masing-masing.
Untuk jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), saya bawa ke bengkel TKR. Jumlah mereka tidak banyak, hanya ada 11 siswa dari total 12 siswa.

Materi yang saya bagikan adalah sistem pembelajaran yang akan diterapkan pada saat pelajaran produktif (konsentrasi keahlian).

1. Disiplin
Sebelum masuk ke bengkel para siswa harus menggunakan pakaian praktik dan tidak diperbolehkan menggunakan pakaian PDH.

Setelah di bengkel, langsung berbaris di depan ruangan untuk menerima arahan dari instruktur. Setelah informasi kegiatan sudah lengkap diterima dan dipahami, siswa melaksanakan instruksi tersebut.

Berbaris di depan bengkel juga kembali dilakukan sebelum meninggalkan ruang praktik, saat yang bersamaan instruktur akan memeriksa kelengkapan peralatan dan kebersihan ruangan.

2. Belajar dirumah
Terlebih dahulu saya bertanya kepada mereka apa ciri-ciri pelajar jika dilihat dari penampilan? Mereka menjawab, bawa tas ransel, pakai baju sekolah, sepatu.

Kemudian saya tanya, ketika orangtua menyuruh untuk belajar di rumah, apa yang kamu lakukan? Belajar, dari YouTube kata mereka.

Saya mengarahkan mereka untuk memiliki buku pelajaran pribadi. Hal ini penting untuk mencapai pengetahuan yang tinggi pada setiap mata pelajaran. Seandainya ada 12 mata pelajaran, sebaiknya harus ada 12 buku pelajaran juga.
Namun karena harga yang tidak murah, saya menawarkan mereka solusi, yaitu meminta buku pelajaran digital (ebook) kepada masing masing guru.
Belajar terlebih dahulu di rumah sebelum di sekolah, sangat mendukung pencapaian akademik yang tinggi. Dengan begitu, akan membuat kelas lebih hidup. Kemungkinan besar akan ada interaksi antara guru dan siswa.

3. Les Tambahan
Disini saya menyarankan, jika ingin lebih terampil di bidang otomotif. Saya bersedia memberikan pendalam materi, terutama praktik. Jangan takut akan biaya, saya tidak memungut biaya apapun.

4. Praktik Cara Mencatat
Terakhir saya mengajari mereka untuk menguasai materi pelajar dengan cepat. Pengalaman saya selama ini, setiap siswa kerja kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja, yang ada mereka hanya membaca.

Lalu saya ajarkan beberapa trik cepat menguasai materi pelajar dengan menerapkan metode mencatat Cornell. Catatan ini adalah catatan pribadi, tidak untuk catatan hasil kerja kelompok.

Pada bagian judul/topik saya pilih nama daerah tempat tinggal mereka sebagai latihannya. Kemudian setelah latihan saya akan masuk ke materi CV joint, salah satu komponen penggerak roda.

Saya memakai rumus 4W + 1H, what= apa, where= dimana, when= kapan, why=kenapa, how= bagaimana.

Contohnya: SKC
1. Apa? SKC adalah singkatan dari sungai kecil yang merupakan sebuah desa yang ramai.

2. Where
3. When
4. Why
5. How

Setelah lengkah saya suruh mereka mempresentasikan hasil diskusi metode 4w+1h itu secara utuh. Hasilnya, dari 2 siswa, hanya 1 yang agak berhasil, Febrian.

Post a Comment for "Pengenalan Lingkungan Sekolah MPLS SMKN 1 Seri Kuala Lobam"