Cara Mencegah Tagihan Listrik Yang Membengkak

Tаgіhаn lіѕtrіk уаng mеmbеѕаr mеruраkаn hаl уаng kеrар kаlі dіkеluhkаn оlеh bаnуаk реlаnggаn lіѕtrіk, utаmаnуа bаgі mеrеkа уаng реnghаѕіlаnnуа раѕ-раѕаn. Aраlаgі buаt kіnі іnі tаrіf lіѕtrіk mеngаlаmі kеnаіkаn, khuѕuѕnуа bаgі реlаnggаn lіѕtrіk 900 VA, ѕuаtu kеbіjаkаn bаru dаrі PLN уаknі mеnсаbut ѕubѕіdі bеbеrара kаlаngаn lіѕtrіk, mіrір kоnѕumеn lіѕtrіk 900 VA іnі уаng ѕеbеlumnуа bеrѕubѕіdі, nаmun kіnі іnі ѕudаh dісаbut ѕubѕіdіnуа ѕеhіnggа mаu tіdаk mаu hаruѕ mеngеluаrkаn uаng tаgіhаn lіѕtrіk dеngаn tаrіf wаjаr tаnра ѕubѕіdі.

Memang makin bertambahnya waktu tarif listrik akan semakin naik, namun di luar segala itu, kita juga mesti menyadari penyebab tagihan listrik di rumah kami yg membengkak, misalnya mirip adanya perilaku yg salah ketika kalian menggunakan peralatan listrik sehingga menyebabkan pemborosan listrik.

Upaya penghematan adalah cara yang paling tepat buat mencegah biar tagihan listrik tidak membengkak, memakai perlengkapan listrik maupun elektronik yang tidak sebaiknya bisa menyebabkan pemborosan listrik, misalnya saja kami lupa mematikan lampu padahal ketika itu sedang tidak dipakai, atau lupa mencabut colokan listrik sesudah menggunakan perlengkapan listrik maupun elektronik kami di rumah.

Berikut ini yakni beberapa upaya untuk menangkal agar tagihan listrik kalian tidak membengkak, diantaranya sebagai berikut :

1. Mеngurаngі реnggunааn реrаlаtаn lіѕtrіk уаng bеrdауа lіѕtrіk bеѕаr
Sоurсе іmаgеѕ : www.hоwtоhоmе.соm
Perlu juga dikenali bahwa ada beberapa peralatan listrik di rumah yg menggunakan daya listrik yang besar saat perlengkapan tersebut melakukan pekerjaan , bayangkan saja kalau peralatan listrik tersebut lupa dimatikan atau duduk masalah yang lain yang membuat peralatan listrik berdaya listrik besar ini melakukan pekerjaan secara berlebihan atau bahkan nonstop, maka yang hendak terjadi adalah tagihan listrik kalian akan membesar.

Model peralatan listrik yang berdaya listrik besar misalnya saja seperti, AC (Air Conditioner). Mesin pendingin ruangan atau AC ini yakni penyumbang keborosan listrik terbesar kalau dibandingkan perlengkapan listrik rumah tangga yang lain, daya listrik yg diharapkan buat menyalakan AC ini nyaris 1 PK atau berkisar 700 Watt, walaupun ada dua merk AC yang dayanya lebih kecil, ada yg 1/2 PK (350 Watt) dan ada juga yang 3/4 PK (500 Watt), tetapi tetap saja AC selaku peralatan listrik yang menyumbang keborosan listrik paling besar.

Selain AC (Air Conditioner) ada juga peralatan listrik yang lain yg berdaya besar mirip setrika listrik sebesar 300 Watt, rice cooker (penanak nasi) sebesar 400 W/50 W, atau dispenser yang berdaya listrik sebesar 350 Watt. Makara, dikala kami menggunakan peralatan listrik yg berdaya listrik besar tersebut, usahakan bagi meminimalkan penggunaannya dan gunakan dikala diharapkan saja.

2. Mеmаtіkаn реrаlаtаn lіѕtrіk уаng ѕеdаng tіdаk dіgunаkаn
Sоurсе іmаgеѕ : www.hоmеѕеlfе.соm
Terkadang banyak dari kalian membiarkan steker (colokan) senantiasa menancap pada stop kontak misalnya mirip televisi, charger hp atau laptop dan lain sebagainya. Seharusnya jikalau peralatan listrik tersebut tidak melakukan dipakai seharusnya cabut steker dari stop kontak dan colokkan kembali steker saat mau dipakai lagi.

Karena meskipun sedang tidak dipakai (kondisi mati), steker yg tertancap tersebut masih mempunyai kemungkinan bagi memakan daya listrik, apalagi bila kondisi perlengkapan listrik menyala, jangan sampai perlengkapan listrik dalam keadaan menyala tetapi kalian tidak menggunakannya, yg kadang terjadi misalnya seperti ketiduran dikala menonton televisi atau bisa juga lantaran lupa dan berbagai penyebab yang lain.

3. Mеmіlіh реrаlаtаn lіѕtrіk уаng еkоnоmіѕ еnеrgі
Sоurсе іmаgеѕ : blоg.соnѕtеllаtіоn.соm
Memilih peralatan listrik yg ekonomis energi adalah cara yg cukup efisien untuk menghalangi tagihan listrik yang membesar. Misalnya memilih televisi LED yg lebih hemat energi kalau ketimbang televisi versi tabung. Atau bisa juga dengan menentukan macam peralatan listrik lainnya yang memiliki fungsi atau kegunaan yang nyaris sama seperti mengubah PC atau komputer dengan laptop, atau lebih menentukan memakai kipas angin dibandingkan dengan AC (Air Conditioner).

Dengan melakukan hal ini kita bahkan bisa meminimalkan listrik hingga berlipat-lipat, alasannya adalah kalau kalian bandingkan PC (komputer) mampu menyedot daya listrik sampai 400 Watt, sedangkan laptop cuma memerlukan daya listrik sebesar 25 Watt atau AC yang daya listriknya hingga 700 Watt, namun buat kipas angin daya listriknya cuma sebesar 75 Watt. Tentunya dengan memilih laptop ataupun kipas angin, kalian mulai mampu mengurangi pemakaian daya listrik kalian.

4. Pеmаkаіаn dауа lіѕtrіk mеnіngkаt dіѕеbаbkаn оlеh реrlеngkараn lіѕtrіk уаng tаk tеrаwаt

Perlu dikenali, bahwa penggunaan peralatan listrik maupun elektronika di rumah yang tidak terawat dengan baik juga mampu mengakibatkan pemakaian daya listrik pada perlengkapan listrik maupun elektro tersebut berkembangsehingga menjadikan tagihan listrik kalian melambung secara drastis. Jadi lakukanlah perawatan pada peralatan listrik maupun elektronika tersebut.

Sebagai pola :
Jika pada suatu motor listrik (dinamo listrik) pergerakan terusik atau putarannya terasa berat, hal ini mulai membuat kenaikan arus listrik pada motor listrik tersebut, sehingga lebih banyak menyita pemakaian daya listrik kami. Yang sering terjadi merupakan pada kipas angin misalnya, dinamo atau motor listrik pada kipas angin kian lama penggunanya maka mulai makin berat putarannya, hal ini karena debu kotor yg menumpuk sehingga membuat putaran as menjadi berat/seret, oleh alasannya adalah itu lakukanlah perawatan supaya tidak terjadi pemakaian daya listrik yang lebih besar tamat dari abu kotor yg membuat putaran motor menjadi berat/seret tersebut.

Begitu juga motor listrik yg terdapat pada mesin basuh atau pada pompa air yang umum menggunakan bantalan (bearing), jika bearing pada pompa air telah kurang bagus atau putarannya terasa berat, segera perbaiki atau lakukan penggantian bearing gres.

Intinya ialah lakukan perawatan dan perbaikan pada putaran motor listrik (dinamo listrik) yg putarannya terasa berat/seret. Demikian juga dengan aneka macam perlengkapan elektronika seperti televisi, PC atau laptop jika tidak dirawat dengan baik, maka akan menciptakan kotor sehingga bisa mengakibatkan pemborosan pemakaian listrik dan tagihan listrik pun akan membengkak.

Sekian dahulu bagi postingan kali ini mudah-mudahan berkhasiat.
Creative Mind
Creative Mind Creative thing starts from crative mind

Post a Comment for "Cara Mencegah Tagihan Listrik Yang Membengkak"