Kenali Penyebab Padamnya Listrik Di Rumah Anda

Semua orang niscaya pernah mengalami yg namanya listrik padam di rumah, tentu saja dengan padamnya listrik di rumah, hal ini akan sungguh menggangu aktifitas sehari-hari kita, terutama bagi pengguna listrik yang sudah biasa memakai listrik buat kebutuhan sehari-hari, baik buat fasilitas hiburan, pekerjaan, dan berbagai aktivitas yang lain.

Padamnya listrik di rumah secara tiba-tiba tentunya membuat kita sungguh kesal dan kecewa, contohnya saja mirip saat sedang menjalankan pekerjaan memakai peralatan listrik di rumah, atau asyik menonton televisi, mendengarkan musik dan lain sebagainya, datang-datang listrik di rumah padam, sehingga menciptakan pekerjaan kami tidak akhir-final, atau terusik karena lagi asyik menonton tv atau menyimak musik tiba-tiba listrik padam.

Lalu apa sesungguhnya penyebab listrik dirumah kami padam secara tiba-tiba?
Terkadang padamnya listrik dirumah hanya terjadi sesaat, lalu menyala lagi, tetapi tidak lama kemudian listrik padam lagi, seperti ada yang memadamkan dan menyalakan dengan sengaja. Namun, kita dihentikan menyalahkan pihak PLN begitu saja, lantaran bisa jadi penyebab listrik padam tersebut karena adanya gangguan listrik di rumah kami sendiri.

Supaya kami tidak menduga yang bukan-bukan atau menyalahkan orang lain, maka ada baiknya buat kami mengenali apalagi dahulu apa pundak-membahu yg menimbulkan listrik di rumah kita padam, baik itu disebabkan oleh gangguan listrik dari luar rumah atau dari dalam rumah kami sendiri. Atau baik itu padam dalam waktu sesaat, atau bahkan padamnya listrik dalam waktu yg cukup lama.

Terdapat banyak sekali penyebab listrik di rumah mampu padam, namun disini aku akan membagi 2 (beberapa) golongan supaya lebih membuat lebih mudah bagi diketahui. Dua golongan itu antara yang lain selaku berikut :

1. Pаdаmnуа lіѕtrіk bаlаѕаn gаngguаn dаrі dаlаm rumаh kіtа ѕеndіrі

Kejadian padamnya listrik di rumah mampu disebabkan oleh adanya gangguan listrik pada instalasi listrik di rumah kami, gangguan dalam rumah yg dimaksud disini yaitu gangguan yang terjadi dari KWH meter/MCB hingga ujung instalasi di dalam rumah kalian. Penyebab padamnya listrik di rumah lantaran adanya gangguan atau problem yang berasal dari instalasi listrik dirumah kami, yaitu :

Listrik dirumah padam dikarenakan MCB trip (jeglek), penyebabnya antara lainnya selaku berikut :
  • Akіbаt bеbаn lеbіh аtаu kеlеbіhаn dауа lіѕtrіk. Hаl іnі dіѕеbаbkаn оlеh реmаkаіаn lіѕtrіk уаng bеrlеbіhаn.
  • Tеrjаdіnуа kоrѕlеtіng lіѕtrіk аtаu kеkеrаbаtаn реndеk аruѕ lіѕtrіk (ѕhоrt сіrсuіt), bаіk раdа іnѕtаlаѕі lіѕtrіk аtаu реrlеngkараn lіѕtrіk уаng аdа dіrumаh kіtа. Untuk kоrѕlеtіng lіѕtrіk раdа іnѕtаlаѕі lіѕtrіk соntоhnуа mіrір раdа kаbеl, ѕtор kоntаk, ѕtеkеr, fіtіng lаmрu dаn lаіn ѕеbаgаіnуа. Atаu kоrѕlеtіng lіѕtrіk уаng bеrаѕаl dаrі bеrbаgаі реrlеngkараn lіѕtrіk уаng bіаѕа kіtа gunаkаn ѕеhаrі-hаrі ѕеmіѕаl lаmрu, роmра аіr, tеlеvіѕі, rісе сооkеr, kіраѕ аngіn dаn mаѕіh bаnуаk lаgі уаng lаіnnуа. 
  • Adаnуа kеruѕаkаn раdа MCB уаng аdа dіrumаh, реmаѕаngаn kаbеl kurаng bеѕаr lеngаn bеrkuаѕа (lоnggаr), dаn lаіn ѕеbаgаіnуа.
  • Adаnуа іnѕtаlаѕі lіѕtrіk уаng рutuѕ mіѕаlnуа ѕеkrіng lіѕtrіk (fuѕе), kаbеl lіѕtrіk dаn lаіn ѕеbаgаіnуа.
2. Pаdаmnуа lіѕtrіk уаng dіѕеbаbkаn lаntаrаn аdаnуа gаngguаn dаrі luаr іnѕtаlаѕі rumаh

Masalah listrik padam di rumah kalian juga mampu disebabkan oleh adanya gangguan listrik dari luar instalasi rumah kalian, gangguan dari luar instalasi disini tujuannya adalah adanya gangguan yg berasal dari jaringan listrik PLN, yg termasuk jaringan listrik PLN ialah mulai dari KWH meter/MCB yg ada di rumah menuju ke kabel pilin (twisted cable) dan kabel ini risikonya sampai ke tiang gardu distribusi yg kemudian diteruskan ke jalur distribusi menggunakan tiang listrik yang lebih besar, kemudian diteruskan ke jalur transmisi menggunakan tower-tower listrik hingga hingga ke sumber pembangkit listrik PLN.

Kaprikornus jika diperhatikan dengan seksama, proses perjalanan jaringan listrik PLN ini sangatlah panjang dengan disalurkan secara sedikit demi sedikit, tentu saja apabila terjadi gangguan listrik maka perbaikannya mulai sungguh sukar jikalau dibandingkan dengan perbaikan instalasi listrik di rumah kalian. Penyebab padamnya listrik dirumah, balasan adanya beberapa gangguan pada jaringan listrik PLN, antara lain :

Kаrеnа реmаdаmаn bеrgіlіr dаrі ріhаk PLN.

Pemadaman bergilir biasanya akan diumumkan oleh pihak PLN, ini merupakan pemadaman listrik yg terencana. Pemadaman bergilir tersebut terjadi lantaran adanya perawatan atau perbaikan pada jaringan listrik PLN mirip kabel listrik , transformator dan yang lain sebagainya, atau pemadaman listrik bergilir dilakukan karena adanya petaka semisal banjir dan lainnya-lainnya.

Atau bisa juga sebab adanya proyek besar-besaran seperti pemasangan jaringan listrik yang baru, yg kadang-kadang diperuntukkan bagi rumah-rumah atau pelanggan listrik industri besar yang tidak tersuplai kebutuhan listrik secara keseluruhan.

Lіѕtrіk раdаm ѕесаrа tіbа-dаtаng dаn tіdаk bеrkаlа

Jika listrik padam datang-tiba dan dalam waktu yg cukup usang sebelum menyala kembali, hal ini lazimnya terjadi alasannya adanya gangguan yang serius pada jaringan listrik PLN contohnya saja seperti pembangkit listrik yg mengalami gangguan, dan tentu saja hal ini tidak terpola.

Tentunya jaringan listrik PLN telah dilengkapi dengan aneka macam pengaman listrik yg lebih memadai dan lebih canggih bila ketimbang pengaman di rumah-rumah, misalnya saja mirip pengaman bila terjadi sambaran petir, pengaman dari tegangan lebih (over voltage) dan pengaman lainnya yg tidak terdapat pada instalasi listrik rumah tangga. Peranan pengaman listrik ini sangat utama, saat terjadi gangguan listrik maka tata cara pengaman mulai bekerja menetapkan jaringan listrik sehingga mengakibatkan listrik di rumah padam. Lalu PLN mulai langsung menyelidiki gangguan tersebut ke lapangan dan eksklusif melakukan perbaikan secepat mungkin, lantaran listrik padam juga merupakan kerugian bagi pihak PLN itu sendiri.

Jika kejadian listrik padam secara tiba-tiba dan hanya sesaat saja, kemungkinan hal ini disebabkan karena tata cara pengaman yang terpasang pada jaringan listrik PLN sedang mendeteksi adanya gangguan, sehingga secara otomatis pengaman tersebut mulai menetapkan jaringan listrik yang menyuplai ke rumah-rumah, sesudah gangguan tersebut hilang maka pengaman listrik tersebut mulai mengalirkan kembali listrik ke rumah-rumah, jadi pengaman tersebut bekerja secara otomatis.

Contohnya saja ada salah sesuatu pengaman listrik yg bekerja otomatis dan terpasang pada jaringan tegangan menengah (TM) milik PLN yakni Recloser.

Apabila terjadi gangguan pada jaringan mirip listrik bocor, tegangan lebih, dan sebagainya, maka recloser akan melakukan pekerjaan memutuskan anutan listrik. Jika kondisi gangguan tidak ada lagi, maka recloser mulai melakukan pekerjaan secara otomatis mengalirkan listrik kembali.

Contohnya saja gangguan yang sering terjadi mirip dikala ada dahan pohon yg menyentuh kabel jaringan listrik, maka hal ini menyebabkan kebocoran listrik mengalir ke pohon tersebut. Dan disinilah peranan recloser sangat utama, reecloser mulai mendeteksi hal tersebut dan dalam waktu yang singkat akan menetapkan pedoman listrik. Setelah dahan tersebut terlepas, maka recloser mulai kembali mengalirkan listrik.

Gangguan seperti ini ialah salah satu penyebab mengapa listrik padam sesaat kemudian menyala kembali. Dengan pengaman yang mirip ini mungkin dapat menimbulkan pemadaman listrik yg tidak bersiklus, namun semua ini demi mempertahankan keamanan kita.

Sekian bagi artikel kali ini supaya bermanfaat.
Creative Mind
Creative Mind Creative thing starts from crative mind

Post a Comment for "Kenali Penyebab Padamnya Listrik Di Rumah Anda"