Cara mudah Menghitung Daya Listrik yang diperlukan rumah

Aраkаh lіѕtrіk dіrumаhmu ѕеrіng ngе-trір аlіаѕ tіbа-tіbа mаtі mеndаdаk lаntаrаn kеunggulаn реmаkаіаn dауа lіѕtrіk dаn bеrnіаt іngіn mеmреrbеѕаr dауа аtаu ѕudаh рunуа реnуеlеѕаіаn lаіnnуа ѕеmіѕаl mеnghаlаngі реmаkаіаn dауаnуа. Nаh mungkіn аrtіkеl ѕауа dіѕіnі аkаn bеrfаеdаh bаgі уаng bеlum tаhu саrа mеnjumlаh dауа lіѕtrіk уаng dіреrlukаn dі rumаh. Dаn jugа bаgі уаng grеѕ mеmbаngun rumаh ѕudаh раѕtі аkаn mеlаkukаn реmаѕаngаn lіѕtrіk bаgі уаng реrtаmа kаlіnуа. Akаn nаmun, араkаh kаu tаhu bеrара dауа lіѕtrіk уаng mеѕtі dіраѕаng?

Oke untuk mengetahuinya bekerjsama kita bisa mengkalkulasikan daya listrik yg diharapkan agar sesuai dengan kebutuhan kami. Sebelum mengkalkulasikan daya listrik kalian juga harus tahu arahan ampere dalam MCB dibawah ini aku akan membahasnya sedikit.

Pada setiap rumah yang telah berlangganan listrik dari PLN telah pasti mulai terpasang yang namanya KWH Meter atau meteran listrik dan MCB (Miniature Circuit Breaker) yang dipasang sendiri oleh pihak PLN.

Fungsi KWH Meter sendiri adalah sebagai pengukur pemakaian daya listrik yg kami pergunakan bagi kebutuhan perlengkapan listrik sehari-harinya, Tentunya ini dipakai biar dapat mengkalkulasikan tagihan listrik. Sedangkan MCB yg ialah abreviasi dari Miniature Circuit Breaker yakni alat yang berfungsi untuk menghalangi arus listrik yang kalian digunakan dan sekaligus selaku pengaman dari relasi singkat atau sering juga disebut konsleting listrik.

Sebagai pengaman, MCB mulai secara otomatis akan menetapkan arus listrik apabila terjadi relasi singkat atau konsleting listrik pada rangkaian listrik di rumah kami. Sedangkan maksud dari fungsi menghalangi diatas merupakan bagi menetapkan aliran listrik kalau daya listrik yang dipakai melampaui batas yang telah diputuskan. Makara MCB inilah yg menjadi kunci penting besar kecilnya daya listrik.

Tentunya PLN akan memasangkan kapasitas MCB yg cocok dengan batas daya listrik yg kami minta. Kita mampu melihatnya melalui tulisan aba-aba ampere ( satuan arus listrik) yg telah tertera di MCB tersebut. Misalnya 1A, 2A, 4A, 6A, 10A, 16A, 20A dan lain-lain.

Kode ampere diatas sebetulnya memperlihatkan daya listrik dari MCB. Namun, bagi yg belum tahu mulai sukar mengartikannya. Untuk mengenali daya listrik dari arahan ampere tersebut, kami perlu sedikit perhitungan berdasarkan rumus mirip dibawah ini.

Rumuѕ Dауа Lіѕtrіk
Daya Listrik = Tegangan x Arus
Atau
Wаtt = Vоlt x Amреrе
Contoh Soal
Misalnya bila MCB tertulis 2A
Untuk tegangannya kebanyakan, Tegangan listrik dari PLN untuk rumah tangga ialah sebesar 220V. Lalu pertanyaannya berapakah batas daya listrik yg diizinkan ?

Watt = 220V x 2A
Watt = 440 Watt atau 440VA

Makara batas daya listrik yang diizinkan adalah 440 Watt.

Nah, perkiraan seperti diatas yakni cara mengetahui batas daya listrik pada MCB dan pertanyaan berikutnya berapakah daya listrik yang diperlukan oleh rumah kita?

Cаrа Mudаh Mеnghіtung Dауа Lіѕtrіk Yаng Dіреrlukаn Rumаh

Disini aku coba contohkan kalian membangun suatu rumah baru dan ingin melaksanakan pemasangan listrik gres sehingga langkah awal yg perlu dikerjakan merupakan mengkalkulasikan keperluan daya listrik yg nantinya mulai kita pakai. Untuk menjumlah kebutuhan listrik pada rumah tentunya kalian mesti menjumlahkan semua perlengkapan listrik yg akan kita pakai nantinya.

Agar lebih gampang tuliskan perlengkapan listrik yang kalian butuhkan serta daya listrik yg dipakai peralatan listrik tersebut.
Biasanya pada setiap peralatan listrik sudah tertera jumlah daya listrik yang diperlukan masing-masing perlengkapan listrik tersebut. Pada label penulisan yg tertera sering kali penulisan daya listriknya memakai satuan ampere (A), kalau demikian maka mesti menggunakan rumus daya listrik diatas (Watt = Volt x Ampere) bagi meng-konversi dari Ampere ke Watt seperti teladan mengetahui daya listrik pada MCB diatas.

Cоntоh реrаlаtаn lіѕtrіk уаng hеndаk dіраkаі

2 unit Pompa Air berdaya listrik 125 Watt
= 125 Watt x 2 Unit       = 250 Watt.

2 unit TV LED 24” berdaya listrik 35 Watt      = 35 Watt x 2 Unit         = 70 Watt.

1 unit Kulkas berdaya listrik 128 Watt
= 128 Watt x 1 Unit      = 128 Watt.

1 unit Mesin Cuci berdaya listrik 300 Watt
= 300 Watt x 1 Unit      = 300 Watt.

1 unit Rice Cooker berdaya listrik 400 Watt = 400 Watt x 1 Unit     = 400 Watt.

2 unit Kipas Angin berdaya listrik 60 Watt
= 60 Watt x 2 Unit       = 120 Watt.

15 Unit Lampu Penerang berdaya listrik 20Watt
= 20 Watt x 15 Unit    = 300 Watt.

Total                              = 1.568 Watt.

Setelah kami jumlahkan semuanya, total daya listrik adalah 1.568 Watt.

Kaprikornus daya listrik yang kita perlukan ialah sekitar 1.568 Watt atau 1.568 VA Jika dikonversikan menjadi arus listrik yakni sebagai berikut.

Arus Listrik = Watt / Volt
Arus Listrik = 1.568 Watt / 220 Volt
Arus Listrik = 7,12 Ampere

Maka MCB yg diperlukan adalah diatas 7,12 A.

Umumnya PLN hanya menyediakan beberapa pilihan standar daya listrik adalah 220 Watt (1A), 450 Watt (2A), 900 Watt (4A), 1300 Watt (6A), 2200 Watt (10A), 3500 Watt (16A), 4400 Watt (20A), 5500 Watt (25A) dan seterusnya. Kaprikornus pemasangan daya listrik yg dianjurkan oleh PLN merupakan sebesar 2200 Watt atau 10A.

Hal yang harus kita amati yaitu makin tinggi daya listrik yg kalian pasang, makin tinggi pula biaya tagihan listrik yang dikenakan. Oleh alasannya adalah itu, kalian perlu menentukan pemasangan daya listrik yang sempurna dengan keuangan dan keperluan kalian. Pemasangan daya listrik yg terlalu tinggi mulai menjadikan makin tingginya tagihan listrik yg bekerjsama ialah sebuah pemborosan ongkos.

Sedangkan pemasangan daya listrik yg terlalu rendah atau tidak memadai kebutuhan daya listrik kalian, Hal ini akan menciptakan MCB sering nge-trip alasannya adalah kelemahan daya listrik dan jikalau dibiarkan terus menerus, hal ini mampu menghancurkan peralatan listrik rumah kalian.

Sekian dulu untuk postingan kali ini mudah-mudahan bermanfaat
Creative Mind
Creative Mind Creative thing starts from crative mind

Post a Comment for "Cara mudah Menghitung Daya Listrik yang diperlukan rumah"